Wakil Rektor Murdoch University Australia Puji Undiknas

17 June 2017. 15:06

Sepakati Kerja Sama Bidang Pendidikan dan Riset Tingkat Internasional

Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas) kembali menjalin kerja sama strategis di tingkat internasional. Kali ini kerja sama dilaksanakan dengan Murdoch University, sebuah universitas di Perth, Australia. Kerja sama secara resmi dimulai dengan penandatanganan MoU pada hari Sabtu 10 Juni 2017 dalam prosesi Wisuda Sarjana dan Magister ke-97 Undiknas di Auditorium Dwi Tunggal Kampus Undiknas Denpasar.

Dalam penandatanganan MoU ini Undiknas diwakili oleh Rektor Prof. Gede Sri Darma, DBA. Sementara dari pihak Murdoch University hadir Wakil Rektor Senior (Provost) Prof. Andrew Taggart. Prof. Sri Darma mengatakan bahwa kerja sama internasional ini adalah bentuk nyata komitmen Undiknas sebagai perguruan tinggi inovatif, yang menyelenggarakan proses pendidikan berkualitas dan mampu menyesuaikan diri dengan perubahan jaman.

Kerja sama antara Undiknas dan Murdoch University, lanjut Prof. Sri Darma, mencakup program pendidikan dan program-program riset unggulan di bidang bisnis, teknologi, dan bidang lainnya. Dengan adanya kerja sama ini maka lulusan maupun dosen Undiknas akan memperoleh kesempatan besar untuk melanjutkan studi di tingkat S2 maupun S3 di Murdoch University melalui berbagai program beasiswa.

Prof. Andrew Taggart menyambut gembira atas dimulainya kerja sama antara Undiknas dan Murdoch University. Dalam keynote speech yang sampaikannya dihadapan wisudawan dan segenap sivitas akademika Undiknas, Prof. Taggart memuji Undiknas sebagai perguruan tinggi yang inovatif, kreatif, dan berwawasan global, dan memenuhi kriteria menjadi univeritas berkelas internasional. Terlebih dengan sebagian besar program studi di Undiknas telah terakreditasi A, dan telah diraihnya keanggotaan badan akreditasi internasional ABEST21, Undiknas telah menunjukkan dirinya sebagai perguruan tinggi yang berkomitmen besar terhadap kualitas. Karena itulah dia yakin kerja sama antara dua universitas ini akan menghasilkan program-program unggulan. Salah satunya, Undiknas akan menjadi tempat bagi mahasiswa Murdoch University untuk menempuh program semester abroad, yaitu menempuh program singkat di luar Australia. 

Kepada wisudawan Undiknas, Prof. Taggart menyampaikan bahwa sangat penting bagi seorang lulusan perguruan tinggi untuk memiliki wawasan global. Misalnya mampu berbahasa Inggris dengan baik serta memiliki pemahaman mengenai perbedaan budaya antar negara. Karenanya Prof. Taggart memberi apresiasi besar kepada Undiknas yang telah menyelenggarakan program-program berorientasi internasional seperti university visit, international enrichment program, maupun program kelas internasional. Dia juga mengatakan bahwa Murdoch University siap untuk mendukung program-program internasional Undiknas.

Prof. Sri Darma menambahkan bahwa program pendidikan yang diselenggarakan di Undiknas telah dirancang dengan benchmark praktik terbaik di tingkat nasional maupun internasional. Karenanya, Undiknas secara konsisten mampu menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi tinggi sesuai dengan bidang yang ditekuninya dan mampu bersaing di tataran global.