Undiknas University Ciptakan Kelestarian Lingkungan Berkelanjutan

18 October 2015. 00:00

Seperti kita ketahui bahwa Universitas Pendidikan Nasional (Undiknas Univrsity) Denpasar, merupakan perguruan tinggi swasta terbaik tingkat Bali-Nusra se-Kopertis Wilayah VIII. Sebagai perguruan tinggi terbaik Undiknas Denpasar, senantiasa melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi Kementrian Ristek Dikti. Dalam pelaksanaan Dharma yang ketiga yang membidangi Pengabdian pada Masyarakat, Undiknas mengadakan kegiatan Kerja Sosial pada Hari Sabtu, 17 Oktober 2015, bertempat di Pantai Kuta, dalam bentuk pembersihan pantai dengan memungut sampah dan pelepasan tukik dengan melibatkan mahasiswa, masyarakat dan civitas akademika yang berjumlah 750 orang. Dalam kesempatan tersebut, kegiatan dibuka oleh Rektor, yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Rektor, yakni Prof. Dr. I Nyoman Budiana, SH.MSi.

Rektor mengungkapkan tujuan kegiatan ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat, khususnya mahasiswa dalam melestarikan lingkungan khususnya lingkungan bahari dan pantai, serta pelestarian terhadap populasi dan perkembangbiakan penyu. Kegiatan ini memberikan pemahaman dan manfaat nyata terhadap fenomena kepedulian lingkungan, searah dengan konsep Tri Hita Karana.

Lebih lanjut diungkapkan oleh ketua panitia, kegiatan kerja sosial yang dilakukan oleh mahasiswa mengambil konsep Undiknas University Ciptakan Kelestarian Lingkungan Berkelanjutan. Agenda kegiatan kerja sosial ini dipilih, didasari dari adanya kesadaran akan kepedulian akan kebersihan pantai kuta yang merupakan tujuan wisata primadona bagi wisatawan mancanegara maupun domestik ke Bali khususnya wisata pantai kuta, sehingga kebersihan pantai menjadi syarat utama dalam menarik minat wisatawan untuk berlibur ke pantai kuta. Pelepasan tukik merupakan salah satu wujud pelestarian terhadap binatang penyu yang sudah mulai langka jumlah populasinya, sehingga kegiatan bersih-bersih sampah dan pelepasan tukik di pantai kuta merupakan wujud kepedulian Undiknas bersama mahasiswa terhadap lingkungan pantai dan pelestarian penyu. Kegiatan Undiknas University Ciptakan Kelestarian Lingkungan Berkelanjutan, didukung juga oleh PT. Bank Pembangunan Daerah Bali Cabang Renon, PT. Coca Cola Amatil Indonesia, PT. Bank Rakyat Indonesia KCP Undiknas dan Toko Nyoman.