Undiknas University Berhasil Menjadi Peserta Terbaik dalam Pelatihan Calon Pelatih SPMI yang Diadakan oleh Kemenristek Dikti di Mataram

13 September 2016. 13:00

Direktorat Penjaminan Mutu dan Akreditasi (Pema) Universitas Pendidikan Nasional Denpasar (Undiknas) berkesempatan mengikuti Pelatihan Calon Pelatih Sistem Penjaminan Mutu Internal (SPMI) selama tiga hari, 24-26 Agustus 2016 di Hotel Santika, Mataram. Ibu Ni Ketut Elly Sutrisni,S.H.,M.M selaku Direktur Pema Undiknas University beserta staff, Bapak Kadek Januarsa Adi Sudharma,S.H.,M.H, telah dengan sangat antusias mengikuti pelatihan ini untuk meningkatkan pengetahuan dan kompetensi sehingga Pema dapat memperkuat dan menjaga konsistensinya dalam melakukan peningkatan kualitas penjaminan mutu Undiknas University.

Pelatihan Calon Pelatih SPMI Tahun 2016 ini diselenggarakan oleh Direktorat Penjaminan Mutu, Direktorat Jenderal Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi dan diikuti sebanyak 48 peserta yang berasal dari 24 universitas seluruh Indonesia. Dalam pidato pembukanya, Bapak Prof.Dr.Drs.I Nengah Dasi Astawa,M.Si., selaku Ketua Kordinator Kopertis Wilayah VIII menekankan bahwa pelatihan calon pelatih SPMI ini merupakan kegiatan yang sangat penting mengingat banyaknya perguruan tingi yang memperoleh akreditasi “C”.  Dengan demikian diharapkan bahwa para pelatih yang berhasil lulus akan menjadi ujung tombak peningkatan penjaminan mutu internal di institusi masing-masing dan selanjutnya diharapkan dapat menjadi pelatih SPMI di wilayahnya.

Pada pelatihan ini disampaikan berbagai materi yang meliputi paparan strategi implementasi SPMI, paparan program SPMI subdit penguatan mutu, paparan kondisi perguruan tinggi Kopertis Wilayah VIII, kebijakan nasional SPMI Dikti, kebijakan nasional SPMI, kebijakan nasional SPME dan kebijakan nasional evaluasi pelaksanaan standar SPMI melalui audit mutu internal.

Selain materi-materi tersebut, para peserta pelatihan juga mendapatkan pelatihan perancangan dokumen SPMI di perguruan tinggi sesuai Peraturan Menteri Risaet,Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi guna memperoleh Mutu yang diharapkan dengan menggunakan  siklus PPEPP yakni, Penetapan Standar, Pelaksanaan Standar, Evaluasi Standar, Pengendalian Standar, dan Peningkatan Standar. Dalam hal ini Undiknas University telah menerapkan sampai pada tahap Penetapan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Standar. Sehingga dengan selesainya mengikuti pelatihan ini team Undiknas University dibawah Direktorat Penjaminan Mutu dan Akreditasi akan segera mengembangkan dan melaksanakan sampai pada tahap Pengendalian dan Peningkatan Standar.

 Setelah pemberian materi, pada acara ini juga diadakan peningkatan keterampilan melalui praktek langsung dalam perancangan standar yang telah ditetapkan oleh Permenristekdikti No.44 Tahun 2015 dimana yang terdiri dari 24 standar. Perancangan ini meliputi merancang  kebijakan SPMI, merancang standar SPMI, merancang manual penetapan standar SPMI, merancang manual pelaksanaan standar SPMI, merancang manual evaluasi standar SPMI, merancang pengendalian standar SPMI, merancang peningkatan standar SPMI dan merancang formulir SPMI.

Diakhir sesi, untuk menunjukkan kemampuan dari para peserta dalam menyerap materi dan kesiapannya sebagai pelatih SPMI, maka dalam pelatihan calon pelatih SPMI ini, setiap peserta juga diminta untuk melakukan presentasi. Presentasi ini memaparkan tentang hasil pelatihan perancangan dokumen yang telah disampaikan dan dibahas selama pelatihan berlangsung. Ibu Ni Ketut Elly Sutrisni,S.H.,M.M selaku perwakilan dari Undiknas University dalam pelatihan ini, tampil dengan sangat baik dalam sesi presentasi ini. Sehingga tak diragukan berhasil terpilih sebagai peserta terbaik dari 46 peserta yang hadir sekaligus lolos sebagai Pelatih SPMI.

Harapan dari setelah mengikuti pelatihan Calon Pelatih SPMI ini adalah, agar team Direktorat PEMA dapat memperbaiki dan meningkatan sistem penjaminan mutu Undiknas, yang khususnya pada standar mutu Pengendalian dan Peningkatan mutu yang terdapat dalam Siklus PPEPP segera dapat dirancang dan dilaksanakan sehingga dapat mempertahankan dan meningkatkan kualitas yang telah berhasil dicapai.