Undiknas Peduli Lingkungan, Libatkan 1.000 Mahasiswa

05 September 2018. 20:09

UNDIKNAS Denpasar dikenal kampus paling intens menggelar aksi peduli lingkungan. Minggu (19/8) kemarin seribu lebih maha­siswa baru Undiknas diterjunkan nielakukan aksi bersih-bersih di Pantai Sanur hingga Padanggalak. Aksi ini dipimpin langsung Direktur Direktorat Student and Alumni Undiknas Dr. I.B. Teddy Prianthara, S.E., M.Si. Aksi ini juga menggandeng komunitas “Malu dong buang sampah sembarangan”.

Ketua Penanggung Jawab Stu­dent Week I.B. Teddy Prianthara mengungkapkan aksi Undiknas Peduli Lingkungan ini merupakan rangkaian program Student Week Undiknas 2018 di tingkat universitas. Hal ini juga dilakukan sesuai seruan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti agar masyarakat membersihkan pantai serentak pada 19 Agustus 2018. “Kebetulan pas dengan program Undiknas Care” ujarya.

Ida Bagus Teddy Prianthara yang juga Ketua HUT Emas Undik­nas menambahkan,  Undiknas Care dipusatkan di Sanur karena ka­wasan ini bagian penting dari objek wisata intemasional Bali. Kawasan ini juga masih banyak ditemukan sampah plastik dan organik hasil sisa upakara karena kawasan ini setiap hari dipakai umat untuk upacara Panca Yadnya.

Sementara itu, tujuan khususnya yakni memberikan pembelajaran kepada mahasiswa bahwa kebersihan adalah bagian kehidupan sehari-hari juga guna mengasah rasa kepeduhan terhadap lingkun­gan serta menjadi insan problem solving masalah kekinian. Makanya akuntan publik ternama ini mengungkapkan aksi ini bagian dari syarat 200 SKP yang wajib dimiliki mahasiswa jika ingin menempuh KKN.

Bagi I.B. Teddy Prianthara yang juga akuntan KKB ini, pemerintah harusnya gencar mengedukasi ma­syarakat untuk menanamkan pola hidup bersih dan sehat, termasuk membuang sampah pada tempatnya. Undiknas sebagai perguruan tinggi favorit di Bali akan terus aktif berperan mengedukasi masyarakat,  apalagi Undiknas rutin mendapatkan Tri Hita Karana Award sebagai kampus bersih dan sehat.

Undiknas, katanya, juga sedang aktif menjalani PBM berbasis e-learning. Ini sesuai dengan motto Undiknas “Global, Smart and Digital” sehingga pembelajaran berupa teleconference, termasuk membuka international class room yang semuanya diperuntukkan bagi generasi milenial alias anak muda zaman now.

Selama tiga hari mahasiswa baru, dikatakan Ketua Panitia Student Week Dr. I Made Wira Dharma, S.H., M.H., diberi materi pengenalan kampus, prodi dan sistem pendidikan, layanan akademik, keuangan dan kemahasiswaan serta memperkuat jati diri sebagai bangsa Indonesia dan insan Pancasila. Mulai Senin ini Student Week dilakukan di tingkat fakultas. Setelah itu dilanjutkan dengan Latihan Kepemimpinan dan Manajemen Mahasiswa (LKMM).

Sumber : Balipost.com