UNDIKNAS Menuju Akreditasi Internasional

20 September 2015. 00:00

Undiknas kembali melepas lulusannya pada acara wisuda sarjana (S1) dan Pascasarjana (S2) yang diselenggarakan di Bali Nusa Dua Convention Centre pada tanggal 19 September 2015. Prosesi wisuda ini merupakan bentuk berakhirnya, titik puncak proses pembelajaran di perguruan tinggi pada jenjang pendidikan yang diraihnya. Prosesi yang dipimpin oleh Rektor Undiknas University Prof. Gede Sri Darma, DBA ini meluluskan 9 program studi, antara lain Sarjana dari Program Studi Manajemen, Akuntansi, Ilmu Administrasi Negara, ILmu Komunikasi, Ilmu Hukum, Teknik Sipil, Teknik Elektro dan  Magister dari Program Studi Magister Manajemen dan Magister Administrasi Publik. Rektor Undiknas Prof. Gede Sri Darma, DBA mengatakan bahwa lulusan Undiknas yang telah menuntaskan metamorphosis pengetahuan Pendidikan Tinggi memiliki kompetensi lulusan yang tinggi, yang ditunjang dengan soft skill untuk menciptakan unique selling point and competitive advantage dalam persaingan global terutama dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Lebih lanjut diungkapkan Prof. Gede Sri Darma, DBA bahwa generasi muda harus menunjukkan kreatifitas dan meningkatkan daya saing yang memberikan kontribusi pada pembangunan bangsa. Akreditasi sangat baik (A=unggul) yang diraih institusi dan program studi yang ada di Undiknas University oleh BAN PT merupakan cerminan proses pembelajaran dan pendidikan yang dilakukan Undiknas telah memenuhi kualifikasi standar lulusan dan jaminan budaya mutu. Undiknas kedepan, akan menuju dan dinilai akreditasi internasionalnya.

Pada kesempatan tersebut, Koordinator Kopertis Wilayah VIII, Prof. Dr. I Nengah Dasi Astawa, MSi mengatakan dalam sambutannya bahwa Undiknas telah melaksanakan budaya mutu pendidikan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi. Segala tahapan, proses dan pembelajaran aktifitas akademik bertumpu pada budaya mutu. Lulusan harus memiliki human skill, design skill, conceptual skill, management skill, technical skill, soft skill dan spiritual skill, ungkap Dasi Astawa.

Lebih lanjut Pola ilmiah pokok Undiknas University adalah mencetak dan menciptakan lapangan kerja secara mandiri sehingga lulusan siap untuk menjadi entrepreneur mandiri. Lulusan bukan sebagai job seeker, tapi sebagai job creater.