Undiknas Kerjasama Dengan Edith Cowan University-Australia

13 March 2017. 09:27

Research Collaboration & University Visit 

Platform Undiknas yaitu Global, Smart, dan Digital merupakan tolak ukur baru untuk pencapaian mutu pendidikan tinggi yang sudah digagas Rektor Undiknas Professor Gede Sri Darma, DBA. Tentunya dalam persaingan globalisasi ini, Undiknas terus meningkatkan diri untuk bisa mensejajarkan kualitas pendidikan dengan Universitas di luar negeri. Hal tersebut disambut baik oleh salah satu Universitas terkemuka di Perth-Western Australia, yaitu Edith Cowan University (ECU). Kesamaan visi untuk membangun kualitas sumberdaya manuasia berstandar global menjadi titik awal dijalinnya kerjasama ini. Sebelunya Undiknas mengadakan kunjungan langsung ke kampus ECU di Perth pada awal November 2016 kemarin, guna menunjukkan keseriusan untuk melaksanakan kolaborasi dan kerjasama.

Atas sambutan positif dari Vice Chancellor ECU-Australia maka dicapailah sebuah kesepakatan kerjasama yang mengawali kerjasama Undiknas-Edith Cowan University Australia. Penandatanganan Memorandum of Understanding (MOU) dilaksanakan oleh kedua belak pihak bertepatan pada Wisuda & Dies natalis Undiknas Denpasar pada tanggal 17 Februari yang lalu. Dalam kesempatan ini Rektor Undiknas Professor Gede Sri Darma, DBA. melakukan penandatangan MoU dengan Associate Professor Hadrian Djajadikerta, Ph.D. sebagai wakil dari Edith Cowan University (ECU) Western-Australia. Penandatanganan MOU ini juga disaksikan secara khusus oleh perwakilan Konsulat Jenderal Australia Mr. Drew Broekel.

Dalam kesempatan tersebut Associate Professor Edith Cowan University Mr. Hadrian menyampaikan rasa terimakasih yang mendalam atas keseriusan Undiknas sebagai satu-satunya Universitas di Indonesia Timur yang telah menjalin kerjasama dengan pihaknya. Selain itu beliau juga menyampaikan “keynote address” kepada wisudawan undiknas dengan topic “The Challenging and Solution to Face the Global Economic”.

Kerjasama dalam bidang Tri Dharma Perguruan Tinggi, untuk pertamakalinya dilaksanakan University Visit, Student Exchange, Research Collaboration, hingga nanti mengarah ke Short Course,  pertukaran Dosen antar kedua Universitas, dan Dual Degree Program. University visit ini akan segera dilaksanakan oleh mahasiswa Undiknas pada bulan Juni dan September tahun ini. Program ini diperuntukkan bagi mahasiswa Undiknas untuk lebih mengenal susasana akademik studi di Australia. Mahasiswa pun bisa mencoba merasakan belajar berbaur dengan mahasiswa asing dengan mata kuliah tertentu. Begitupun sebaliknya mahasiswa dari ECU-Australia pun akan mengikuti “educational trip” to Bali, di mana Undiknas akan menjadi satu-satunya kampus untuk mereka belajar dan berkolaborasi dengan mahasiswa Bali.

Dalam hal Research Collaboration, kedua belah pihak menyepakati untuk berkolaborasi dalam hal penelitian. Mempercayakan para Dosen Undiknas untuk melaksanakan penelitian yang berkonsep Tri Hita Karana, menerbitkan jurnal international, research assistant, serta konfrensi international. *gb_und