Seribu Siswa SMA/SMK Ikuti ’’Try Out’’ UN di Undiknas University

13 March 2017. 10:05

UNDIKNAS University Denpasar,  Minggu (12/3) kemarin ‘’diserbu’’ seribu lebih siswa SMA dan SMK di Bali. Mereka ke kampus  Undiknas untuk mengikuti try out Ujian Nasional (UN) yang digelar Undiknas guna mempersiapkan diri mengikuti UN sebenarnya pada April mendatang.

Ketua Panitia I Made Shindu,  S.E., MBA. mencatat 1.000 siswa  SMA  dan SMK se-Bali mengikuti  try out mandiri Undiknas. Selain dipakai ajang untuk mematangkan  diri mengikuti UN, try out Undiknas juga digunakan untuk merekrut calon mahasiswa baru. Mereka yang memperoleh ranking 100 tertinggi langsung diterima tanpa tes, sedangkan yang terdaftar dan mengikuti try out lainnya bisa menentukan pilihan untuk kuliah di Undiknas dengan Prodi Akuntansi, Prodi Manajemen, Prodi Ilmu Hukum, Prodi Teknik Sipil, Prodi Teknik Elektro, Prodi Administrasi Negara dan Prodi Ilmu Komunikasi.

Pelaksanaan try out dipantau  Direktur Marketing dan Kerja Sama (MK) Undiknas I Wayan Sunia, S.E., M.M. Ditegaskannya,  ini merupakan try out kedua kalinya dan dinilai sangat bermanfaat bagi calon mahasiswa baru. Berguna bagi siswa SLTA dalam menghadapi UN serta persiapan mengikuti seleksi mahasiswa baru di PTN dan PTS. Materi ujian meliputi Matematika, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia yang diberikan waktu dua jam.

Hasil tahun lalu menunjukkan keberhasilan pelaksanaan try out ini berdampak positif bagi Undiknas karena peserta banyak yang  diterima  di kampus terbaik ini. Ini menunjukkan bahwa mereka menentukan pilihan pertama dan utama di Undiknas. Tahun lalu calon mahasiswa yang mendaftar di atas angka 1.500 orang. Ia membenarkan tahun ajaran baru ini Undiknas menerima calon mahasiswa seperti tahun lalu guna menjaga kualitas dan rasio dosen dan mahasiswa.

Tahun ini juga Undiknas membuka  international class yang khsusus  diperuntukkan bagi calon mahasiswa yang memiliki kemampuan  bahasa Inggris memadai. Undiknas kini memiliki empat  program  studi yang terakreditasi  A, yakni Prodi Akuntansi dan Prodi Manajemen S-1, serta Magister Manajemen (MM) dan Magister Administrasi Publik (MAP) pada jenjang S-2. Dijelaskannya, sistem pendaftaran  penerimaan calon mahasiswa  baru lewat online bisa di mana saja, namun seleksi tes tulis dilakukan secara serentak.

Gelombang I pendaftaran 1 Maret - 27 Mei 2017 (tes dilakukan 5 Juni), gelombang II pada 29 Mei - 24 Juni 2017 (tes 3 Juli) dan gelombang III pada 25 Juni – 5 Agustus 2017 (tes 10 Agustus). Wayan Sunia juga mengajak lulusan segar SMA dan SMK bergabung ke Undiknas University.  Kampus yang dikenal dengan moto ‘’Move to Global and Digital’’ ini masih tetap sebagai kampus yang mengedepankan kualitas dan mutu pendidikan. Biaya yang dikeluarkan seimbang dengan kualitas pelayanan  dan  fasilitas yang dinikmat i serta iptek yang up to date. Menariknya, mahasiswa bisa menentukan perkuliahan pagi pukul 08.00-16.00 Wita dan sore pukul 18.00-22.00 Wita untuk semua prodi. Ini berarti Undiknas memberi kesempatan kepada  calon  mahasiswa sambil kerja juga kuliah.

Wayan Sunia yang juga mantan  Direktur Kemahasiswaan menambahkan, try out selain diadakan di Denpasar juga dilaksanakan  di Jembrana untuk meng-cover calon mahasiswa baru di Negara dan Buleleng.

Source : balipost.com