Semarak, Penutupan ’’Student Week” Undiknas University

21 August 2015. 00:00

KAMIS malam (20/8) lalu kampus Undiknas University tampak sumringah. Bak hotel berbintang yang sedang mengadakan pesta besar. Lampu warna - warni menghiasi kampus ini. Itulah bagian kecil dari suasana penutupan Student Week bagi mahasiswa baru Undiknas University. Sejumlah stan yang dibuka semua Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Undiknas langsung membuka pameran kewirausahaan. Sambil berjualan mereka memperkenalkan aktivitas dan kegiatan UKM.

Di stage bagian barat digelar berbagai atraksi mahasiswa baru setiap kelompok. Acara ini berlangsung sejak pukul 17.00 hingga pukul 21.00 wita. Penutupan student week pun berlamgsung semarak. 

Student week mahasiswa Un­diknas University ditandai dengan penanggalan atribut oleh Rektor Undiknas diwakili Direktur Direktorat Kemahasiswaan dan Alumni I Wayan Sunia, S.E., M.M. Saat itu Wayan Sunia menyerahkan maha­siswa kepada para dekan.

Acara kian semarak ketika diserahkan hadiah bagi 10 peserta terbaik, ratu dan raja student week dan penampilan bakat seni peserta.

Wayan Sunia yang juga Ketua Umum Student Week Undiknas mengaku berbahagia karena selama tiga hari 765 mahasiswa reguler dan 375 mahasiswa ekstensi Undiknas mengikuti agenda student week berjalan lancar, semarak, penuh gembira dan menyenangkan. Bahkan dia mengakui student week kali ini yang terbaik selama ini.

Metode student week lebih banyak berisi informasi soal studi dan kam­pus di dalam ruangan. Cara pembinaan dari senior pun sangat santun, beretika dan edukatif. Ini yang dikatakannya bentuk kepedulian Undiknas mengantarkan mahasiswa menuju kepastian masa depan.

Di akhir student week, para mahasiswa diajak secara nyata melihat keunggulan Undiknas da­lam bidang kewirausahaan lewat pameran kewirausahaan UKM. Di Undiknas, katanya, mahasiswa disiapkan 22 jenis UKM sebagai wahana untuk mendapatkan minimal 400 Satuan Kredit Partisipasi (SKP) sebelum menamatkan studi.

Soal prestasi UKM Undiknas, kata Wayan Sunia, semuanya mengukir prestasi baik di seni, olahraga dan akademis. Yang terbaru juara debat bahasa Inggris di Kopertis dan menjadi duta Kopertis VIII lomba debat di Makassar. Mahasiswanya juga mewakili Babli dalam Pomnas di Aceh untuk cabang renang.

Kutua Pelaksana Student Week Dewa Marsudana, S.E., M.M. menambahkan, selama tiga hari peserta student week diberikan berbagai informasi soal Tri Dharma PT. Di antaranya pengenalan program studi, nilai budaya, tata krama dan etika. Apel pagi dan olahraga. Juga soal pendidikan tinggi dan perguruan tinggi, organisasi kegiatan kemahasiswaan, struktur dan fungsi lembaga kemahasiswaan, jenis layanan kemahasiswaan dan kesejahteraan kemahasiswaan. Peserta juga diberi­kan materi soal kepemimpinan dan wawasan kebangsaan, kehidupan berbangsa dan bernegara. Juga soal administrasi dan laporan keuangan, sistem perkubahan, pembagian pembimbing akademik dan sebagainya. (sumber : Balipost)