Peserta Sipenmaru Undiknas Meningkat Gelombang I Diikuti 827 Calon Mahasiswa Baru

16 May 2016. 16:00

Kampus Undiknas University diserbu lulusan SMA dan SMK se-Bali dan Timor Leste. Mereka mengikuti Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (Sipenmaru) Gelombang I. Yang istimewa, peserta Sipenamaru Undiknas tahun ini meningkat tajam.
 

Sipenmaru Gelombang I yang dilakukan Jumat kemarin diikuti 827 calon mahasiswa. Uniknya lagi, Sipenmaru di Undiknas mendahului  SPMB di Unud  dan PTS lainnya. Pelaksanaan Sipenmaru Gelombang I sempat dipantau Rektor Undiknas Prof. Gede Sr i  Darma , DBA. bersama Wakil Rektor Prof. Nyoman Budiana dan para direktur di lingkungan Undiknas.

Prof. Gede Sri Darma dengan senyum manis mengucapkan terima kasihnya karena masyarakat Bali telah menentukan pilihan pertama dan utama studi lanjut S-1 ke Undiknas. Ini menandakan masyarakat makin cerdas menentukan pilihan pada perguruan  tinggi yang mengedepankan kualitas. Undiknas dinilai berkualitas karena empat program studinya meraih akreditasi A.

Kedua, kata mantan Ketua Aptisi Bali ini, Undiknas mencatatkan diri sebagai satu-satunya PTN dan PTS di Bali menjadi member komunitas global. Undiknas kini menjadi membershif the Aliance  on Business Education  and Scholarship for Tomorrow in 21st Century (ABEST21). Untuk itu, mulai tahun ajaran baru ini Undiknas membuka satu kelas internasional. Artinya, Undiknas tak boleh diam menghadapi tantangan global kedepan, apalagi diakui sebagai kampus berkualitas dunia.

Kelebihan ini, dikatakan Rektor termuda yang masuk MURI ini , bias dimanfaatkan untuk menyasar mahasiswa asing yang ingin kuliah sambal berwisata atau berwisata sambil kuliah di Bali.

Buktinya, tahun depan Undiknas akan menerima mahasiswa dan dosen sebuah perguruan tinggi ternama di Australia. Selama setahun, mereka akan belajar bahasa Indonesia dan budaya Bali di Undiknas. Namun secara politis, dia menilai mereka ingin belajar budaya Bali dan Indonesia sebagai pasar terbanyak ke-4 di dunia. Dengan demikian, produk yang diluncurkan di era global 2020 diterima masyarakat Indonesia. Bagi  Undiknas, katanya, kerja sama ini tetap dipakai untuk memperkuat keunggulan Undiknas.

Sekalipun calon  mahasiswa banyak memilih prodi  yang  terakreditasi A, Prof. Gede Sri Darma tetap menjaga kualitas dengan membatasi jumlah mahasiswa Manajemen dan Akuntansi masing-masing 400 orang. Sedangkan prodi lain ditargetkan 150-200 orang. Dengan demikian, kuota kursi mahasiswa baru di Undiknas tahun ini hanya 1.200 orang. Ketua Panitia Sipenmaru yang dipercayakan kepada Direktur Akademik Dr. I Nyoman Sri Subawa, S.E., M.M. mengungkapkan, selama sehari peserta menjalani tes tulis IPA, Bahasa dan IPS serta tes wawancara. Pilihan peserta tersebar di 10 program studi, namun yang terbanyak memilih Prodi  Manajemen dan Prodi Akuntansi karena terakreditasi A.

Sementara itu, pendaftaran Sipenmaru Gelombang II d i buka Kamis (12/5) hingga akhir Juni 2016. Untuk itu, dia berharap lulusan SMA dan SMK yang yang i ng i n pendidikan berkualitas segera menentukan pilihan di Undiknas University.

Saat ini, Undiknas membuka pendaftaran untuk Prodi Manjemen (A), Prodi Akuntansi (A), Ilmu Hukum (B), Ilmu Administrasi Negara (B), Ilmu Komunikasi (B), Teknik Sipil (B) dan Teknik Elektro

(B).