Pelopori Inkubator Bisnis, Undiknas digandeng Kementerian Koperasi & UMK RI

10 May 2017. 09:02

“Seminar Nasional & Call for Papers FEB UNDIKNAS 2017”

Seminar Nasional & Call for Papers bertajuk “Peluang dan Tantangan Pengembangan UMKM dan Ekonomi Kreatif dalam Era Global dan Digital” berjalan dengan sukses. Acara yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Undiknas, yang dipusatkan di Kampus Undiknas Jalan Bedugul 39 Sidakarya-Denpasar, pada tanggal 5-6 Mei 2017 ini, berimplikasi pada  kontribusi ilmu serta solusi positif bagi perkembangan ekonomi nasional. Seminar ini menghadirkan 27 pemakalah dari berbagai universitas di Indonesia, antara lain UPI, STIE Perbanas, Universitas Taruma Negara, Universitas Brawijaya, Universitas Pembangunan Panca Budi, Universitas Sumatra Utara, Uni-Islam Sumut, Uni-Lambung Mangkurat, dan Undiknas. Selain Seminar & Call for Papers, acara ini juga dirangkaikan dengan Enterpreneur UMKM Expo, Field Trip, dan Launching Inkubator Bisnis.

Peresmian “Undiknas Inkubator Bisnis”, yang merupakan trobosan baru Fakultas Ekonomi dan Bisinis (FEB) Undiknas sebagai bukti konkret atas penjaminan pengembangan UMKM dan Ekonomi Kreatif bagi mahasiswa. Diresmikan oleh Rektor Undiknas Profesor Gede Sri Darma, D.B.A., dan dihadiri langsung oleh Deputi Bidang Pembiayaan dari Kementerian Koperasi & UMKM RI Bapak Drs. Braman Setyo, M.Si., Walikota Denpasar Bapak IB Rai Dharmawijaya Mantra, Ketua Umum Kadin Bali, CEO BNI 46, serta undangan penting lainnya. Kementerian Koperasi dan UMKM RI dengan bangga menggandeng kampus Undiknas dalam realisasi program inkubator bisnis ini. Hal ini ditegaskan karena Undiknas telah membuktikan untuk mampu menjadi universitas enterprenership terbaik di Indonesia Timur dan selalu terdepan sebagai pelopor.

Inkubator bisnis Undiknas yang mengakselerasi kualitas kreatifitas didikan mempresentasikan hasil karya mahasiswa dalam produk bermutu siap jual. Bentuk produk seperti sepatu dan tas kulit, tas berbahan local, perhiasan perak, endek, aneka makanan, serta berbagai produk yang sudah siap dipasarkan. Inovasi serta kreatifitas mahasiswa yang dihasilkan menunjukan hasil nyata dari proses pendidikan enterpreneship berbasis digital yang telah digalakkan Undiknas sejak lama.  Bermuara pada kesuksesan lulusan siap kerja yang berjiwa entrepreneur dan bisa menciptakan lapangan pekerjaan sendiri.      

Realisasi program tersebut juga penjabaran dari platform Undiknas yaitu “Global, Smart, & Digital”. Dengan terwujudnya inkubator bisnis ini, membutikan bahwa pembangunan di semua lini telah dilakukan demi turut serta meningkatkan kualitas hidup lulusan, serta meningkatkan produktivitas kerja dan dan daya saing di pasar internasional.

Ini kesekian kali Undiknas telah sukses menyelenggrakan rangakain acara bertaraf Nasional maupun International. Bersinergi dengan Kementerian Koperasi & UMKM RI, Pemerintah Kota Denpasar, Kadin Bali, BNI 46, IWAPI, merupakan sebuah kepercayaan atas profesionalitas kerja cerdas Undiknas.