Mahasiswa Undiknas KKN di Desa Nyalian

16 June 2016. 09:48

Pendidikan Nasional (Undiknas) melaksanakan salah satu bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat yakni Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Nyalian Kecamatan Banjarangkan Kabupaten Klungkung.Kegiatan itu berlangsung mulai Mei s.d. Agustus 2016 yang diikuti oleh kurang lebih 35 mahasiswa yang terbagi dalam dua gugus yakni Gugus Dusun Pekandelan kelas pagi, dan Gugus Dusun Tegalwangi untuk kelas sore.

Pada Sabtu, 11 Juni 2016, mahasiswa KKN Undiknas mengadakan program desa senam osteoporosis, pemeriksaan kesehatan tulang dan bakti sosial di Lapangan Desa Nyalian yang terletak di Dusun Pekandelan.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesehatan tulang dan pencegahan penyakit tulang bagi masyarakat Desa Nyalian. Acara ini dibimbing oleh Perwatusi Bali sebagai narasumber dan instruktur senam serta tim medis yang berasal dari RSU Manuaba untuk pemeriksaan kesehatan tulang.

Kegiatan ini terselanggara berkat kerja sama berbagai belah pihak yaitu Perwatusi Bali, RSU Manuaba, Pemerintah Kabupaten Klungkung, Dinas Kesehatan Klungkung, Puskesmas Banjarangkan, Pemerintah Desa Nyalian, SDN 1, SDN 2, SDN 3 Nyalian, PKK seDesa Nyalian yang turut serta dalam mengikuti kegiatan yang diadakan oleh Panitia KKN.

Acara ini berlangsung sukses karena antusias masyarakat dan siswa-siswi se-Desa Nyalian sangat besar dalam menyemarakkan acara. Terlebih lagi acara ini dihadiri langsung rombongan Wakil Bupati Klungkung serta adanya hadiah dari pihak narasumber (Perwatusi Bali) untuk 30 peserta terbaik yang mampu mengikuti gerakan instruktur. Ukuran sukses acara ini adalah jumlah peserta yang hadir melebihi ekspektasi panitia. Senam osteoporosis yang diharapkan 100 peserta, yang hadir sekitar 150 orang. Sementara untuk kegiatan pemeriksaan tulang dan bakti sosial, ekspektasi panitia adalah 30 peserta namun yang mengikuti kegiatan hingga 65 peserta yang sebagian besar lansia.

Ini  adalah program desa pertama yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKN di Desa Nyalian yang mendapat pujian dari Kepala Desa Nyalian serta narasumber. Setelah kegiatan ini masih banyak program desa yang lebih menarik yang akan dilaksanakan di Desa Nyalian.