Lulusan Undiknas Adaptif dengan ”Great Shifting Decade”

26 September 2018. 13:54

UNDIKNAS Denpasar membuktikan diri sebagai perguruan tinggi yang berwawasan Global, Smart, dan Digital (GSD). Lulusannya dipersiapkan adaftif ter- hadap perubahan yang terjadi pada the Great Shifting Decade.

Hal itu ditekankan Rektor Undiknas Prof. Gede Sri Darma, DBA. saat mewisuda 112 sar­jana S-l dan sarjana S-2, Sabtu (22/9). Acara wisuda dihadiri pendiri utama Perkumpulan Pendidikan Nasional (Perdiknas) Drs. Ketut Sambreg, M.M. bersama Ni Nyoman Kundri. Ketua Umum Perdiknas Dr. AAA Ngr. Tini Rusmini Gorda, S.H., M.M., M.H., dan Kepala L2Dikti Wilayah VIII Prof. I Nengah Dasi Astawa. Saat itu juga di-launching Maskot 50 Tahun Undiknas.

Dia menegaskan era revolusi industri 4.0 sudah berjalan dalam arus perubahan itu sendiri. Perubahan ini telah menghadirkan perpindahan besar atau great shifting dalam berbagai tatanan hidup. Oleh karenanya, tidak salah apabila periode waktu yang dijalani sekarang disebut sebagai The Great Shifting Decade.

Sri Darma mengungkapkan sejumlah perpindahan besar mewarnai periode The Great Shifting Decade. Dalam bidang bisnis, terjadi perpindahan orientasi bisnis dari owning economy ke sharing economy dan dari product-based economy berpindah ke platform-based economy. Di bidang pendidikan, perubahan dalam pendekatan belajar-mengajar, penggunaan teknologi digital, the internet of things, dan lain sebagainya, yang bermuara pada meningkatnya standar kualitas pendidikan.

The great shifting juga membawa perubahan besar pada perilaku manusia. Interaksi uta­ma manusia yang sebelumnya didominasi oleh interaksi langsung (offline) kini perpindahan menjadi interaksi online. Cara manusia belajar pun berubah, tidak lagi berorientasi pada what to learn, tetapi digantikan oleh how to learn.

Rektor yang berpenampilan kalem ini menyatakan kesadaran akan pentingnya sikap adaptif terhadap peruba­han merupakan prinsip utama dalam pelaksanaan proses pen­didikan di Undiknas. Undiknas senantiasa mampu menjaga relevansinya di tengah great shifting dengan melahirkan human capital yang siap menghadapi great shifting decade. Makanya Undiknas kontinu meningkatkan kualitas SDM serta memastikannya agar relevan dengan perubahan yang terjadi.

Saat itu Rektor Undiknas Prof. Gede Sri Darma juga menyerahkan penghargaan bagi lu­lusan terbaik tiap prodi. Di Prodi Manajemen diraih Ni Made Dwi Setyari (3.79), Akuntansi Ni Putu Indah Rahayu (3.76), Ilmu Administrasi Negara Radentas Deverenti D. Lamidan (3.46), Ilmu Hukum Charles S. Mouw (3,63), Ilmu Komunikasi Septifanny (3.63), Teknik Sipil Indah Saiful Fajarini (3,74) dan Teknik Elektro Agus Eka Junartha (3,43). Di tingkat magister, dari 40 wisudawan, terdiri dari 36 orang dari MM, tiga dari MA.P dan seorang dari MH. Lulusan terbaik di MM Ni Luh Putu Nita Yulianti (3,99) dan di MAP diraih Ayu Dewant- ari Putri (3.37).

Sumber : Balipost.com