Kinerja Dosen Program Studi Akuntansi dalam Kegiatan PBM Semester Genap 2014/2015 Baik dan Terus Meningkat Setiap Tahun

23 June 2015. 05:32

Konsistensi Undiknas dalam mengimplementasikan model SPMI telah berjalan secara berkelanjutan terutama pada proses pembelajaran dengan melaksanakan Evaluasi Dosen Oleh Mahasiswa (EDOM). Pada semester genap 2014/2015 telah dilakukan evaluasi proses pembelajaran melalui penyebaran kuesioner EDOM kepada seluruh mahasiswa program studi Akuntansi Undiknas University.

Evaluasi ini dilakukan untuk mengukur Kinerja Dosen program studi Akuntansi dalam melaksanakan proses pebelajaran dengan menggunakan 17 instrumen penilaian yang meliputi : penguasaan materi kuliah, kemampuan menjelaskan materi kuliah, sistematika menjelaskan kuliah, kemampuan membangkitkan minat belajar, kemampuan member member jawaban, kedisiplinan, kesediaan membantu mahasiswa, kepatuhan silabus, kejelasan silabus, kejelasan kompetensi yang akan diperoleh, tata cara penilaian, kejelasan rangkaian mata kuliah dengan mata kuliah, kesesuaian tugas dengan beban kuliah, kesesuaian ujian dengan mata kuliah, manfaat kuliah, sarana/fasilitas pedukung, ketepatan waktu membagikan hasil ujian.

Secara keseluruhan kinerja dosen program studi Akuntansi pada semester genap 2014/2015 adalah 4,08  dengan katagori baik, meskipun demikian masih ada item penilaian yang masih mendapat nilai cikup yaitu sarana/fasilitas pendukung perkuliahan. Hal ini perlu mendapat perhatian dari lembaga agar proses transfer ilmu dapat dilakukan melalui presentasi yang lebih menarik.

Pembinaan yang terus menerus dan berkesinambungan terhadap dosen dosen pengampu mata kuliah melalui penyegaran PBM dan lain sebagainya, membuat kinerja dosen dalam proses PBM terus meningkat seperti pada grafik dibawah ini.


OLEH : DIREKTORAT PENJAMINAN MUTU