Kemenristek Dikti Tetapkan Undiknas sebagai PTS Terbaik di Bali, NTB dan NTT

24 August 2017. 11:52

ACARA penutupan Pengenalan Kehidupan Kampus (Student Week) Undiknas University, Selasa (22/8) kemarin, sangat sumringah.Acara bertambah semarak setelah Rektor Undiknas Prof. Ir. Gede Sri Darma, S.T., M.M., D.B.A., FPE. menyampaikan kabar baik bagi warga Undiknas. Kabar anyar tersebut adalah Kemenristek Dikti menetapkan Undiknas sebagai PTS terbaik I di Bali, NTB dan NTT.

Hasil penilaian Kemenristek Dikti menunjukkan hanya tiga PTS di Bali masuk ranking 100 terbaik. Undiknas University menduduki peringkat 73 dari 4.300 PTN dan PTS sekaligus terbaik I di antara PTS di Bali, NTB dan NTT. Bahkan secara nasional, Undiknas University berada diposisi 24 PTS se-Indonesia. Di Bali, NTB dan NTT, Undiknas hanya disalip PTN Unud (17) dan Undiksha (35). Prestasi ini langsung disambut meriah warga Undiknas dengan acara potong tumpeng bersama.

Gede Sri Darma mengungkapkan, penilaian meliputi empat aspek menyangkut kualitas SDM. Undiknas kini memiliki empat guru besar, jabatan doktor 22 dan jabatan lektor kepala 50 persen dari jumlah dosen. Kedua, aspek kualitas tata kelola dilihat dari nilai akreditasi internasional dan nasional. Undiknas memiliki lima prodi yang terakreditasi A dan menjadi member akreditasi internasional. Ketiga, menyangkut kualitas dan hasil karya mahasiswa, termasuk penilaian tesis dan penelitian yang dimuat website Undiknas dan jurnal bereputasi internasional. Keempat, menyangkut penilaian jumlah penelitian yang dipublikasikan.

Sri Darma memberi apresiasi kepada seluruh civitas akademika yang berjuang dan bekerja keras, cerdas dan ikhlas mewujudkan Undiknas menjadi PT yang semakin dipercaya masyarakat. Rektor menyampaikan, sangat pas mahasiswa memilih Undiknas sebagai studi lanjut. Civitas akademika tak boleh berpuas diri dengan predikat tersebut mengingat tantangan kedepan, yakni mencetak lulusan yang cerdas dan memenangkan persaingan global. ‘’Jadikan prestasi ini untuk meningkatkan diri. Terus berkarya tataran global sesuai moto global, smart dan digital,’’ tegasnya.

Ketua Perdiknas Dr. AAAN Tini Rusmini Gorda, S.H., M.H. merasa bangga  rektor dan jajarannya menjalankan semua tugas memajukan lembaga sebagai PT berkualitas. Sebagai hadiah atas prestasi ini, Perdiknas memberi dana segar Rp 250 juta untuk peningkatan kualitas. Yayasan juga sedang membangun fasilitas guna mendukung program rektor memajukan lembaga. Tahun ini dibangun Gedung C berlantai VI termasuk basement.

Koordinator Kopertis VIII Prof. I Nengah Dasi Astawa juga menyatakan bangga Undiknas yang juga tempatnya mengajar meraih prestasi terbaik dan sebagai representasi pemerintah pusat. Meraih ranking 73 nasional dan ranking I di Bali, NTB dan NTT sepatutnya disandang Undiknas. Sebab, dilihat dari berbagai aspek, prodi Undiknas mendominasi raihan akreditasi A. Ia menargetkan tahun depan Undiknas bias masuk 50 besar karena tinggal meningkatkan penelitian, publikasi dan status LPPM menjadi madya.

Menurut Ketua Panitia Student Week Dr. I Made Wira Darma, S.H., M.H., selama tiga hari mahasiswa baru diberi materi pengenalan kampus, prodi dan sistem pendidikan serta memperkuat jati diri sebagai bangsa Indonesia dan insan Pancasila. Penutupan diisi pameran kewirausahaan dan parade budaya Nusantara.

Sumber : Balipost.com