Generasi Milenial Diajak Peduli Ekonomi Kreatif

03 October 2018. 12:13

Kemkominfo RI Gelar Indonesia Bangga Campus Fest di Undiknas

Jelang ajang IMF World Bank Annual Meeting pada 8 – 14 Oktober 2018 di Nusa Dua Bali, Kominfo RI gelar Campus Fest bertema Indonesia Bangga bersama Bank Indonesia, Bekraf dan didukung oleh Universitas Pendidikan Nasional Denpasar, TRANS TV dan IDN Media.

DENPASAR - Campus fest yang menyasar generasi milenial. Hal ini dimaksudkan untuk membangun kesadaran generasi muda tentang peran strategis IMF–WB Annual Meetings 2018 bagi Indonesia serta mendorong generasi muda untuk turut aktif mengembangkan ekonomi kreatif di Indonesia di masa depan.

Bonus demografi Indonesia pada masa depan merupakan kesempatan bagi generasi muda Indonesia untuk turut berkontribusi melalui ekonomi kreatif. Campus Fest bertema Indonesia Bangga menjadi ajang berbagi pengalaman dan inspirasi dari para praktisi industri kreatif serta digital startup kepada generasi milenial di Bali Kegiatan yang diadakan di auditorium Universitas Pendidikan Nasional Denpasar pada Selasa (2/10) kemarin dibuka oleh Dr. I Nyoman Sri Subawa ST.S.Sos.MM - Wakil Rektor Universitas Pendidikan Nasional Denpasar.

Kegiatan ini adalah salah satu sosialisasi dengan target mahasiswa milenial. Kami ingin memberi pemahaman kepada mereka tentang penting nya event IMF–WB, dimana Indonesia mendapat kepercayaan sebagai host,” ujar Siti Meiningsih, Direktur Pengelolaan Media Ditjen Informasi dan Komunikasi Publik Ke- menterian Kominfo RI.

Lebih lanjut Siti menjelaskan bahwa kaum milenial harus punya kepedulian dengan event IMF-WB tersebut. “Juga harus diketahui bahwa IMF tidak berkonotasi buruk. Beda dengan dulu yang tergambar soal utang,” jelas Siti.

Dipaparkan, sosialisasi yang dikemas dengan gaya milenial dan bertema kreatif ekonomi adalah salah satu cara Kominfo untuk memberikan pemahaman kepada generasi muda tentang peran strategis dan dampak IMF–WGB Annual Meetings 2018  bagi Indonesia serta mem berikan inspirasi kepada mereka untuk turut aktif mengembangkan ekonomi kreatif melalui bakat dan kreativitas yang dimiliki oleh kaum muda.

Besarnya even IMF–WB di Bali ini juga ditegaskan oleh Peter  Jacobs.  Kepala  Unit Khusus Pertemuan Tahunan IMF WB dari Bank Indonesia ini mengatakan kehadiran delegasi dari 189 negara adalah momen luar biasa bagi Indonesia.

“Kita tidak pernah punya even yang dihadiri oleh 189 negara. Jadi ini adalah kehormatan besar bagi kita,” kata Peter Jacobs. 

Disebutkan pula bahwa dampak dari event IMF-WB bukan hanya untuk Indonesia, melainkan untuk dunia. “Salah satu yang dibahas adalah soal fintech. Jadi fintech akan menjadi salah satu produk annual meeting,” kata Peter Jacobs.

Bangganya Indonesia, lanjut Peter, nanti anggota delegasi akan menerima kartu debit dengan logo GPL (Gerbang Pembayaran Langsung), tanpa logo Visa atau Mastercard. Sementara itu Rektor Undiknas Prof Gede Sri Darma D.B.A. menyambut gembira even Campus Fest diselenggarakan di perguruan tinggi yang dipimpinnya. Ditunjuknya Undiknas sendiri tak lepas dari pantauan Kominfo soal aktifnya mahasiswa Undiknas di social media.

“Terimakasih sudah ditunjuk sebagai tempat sosialisasi. Kami memang senantiasa melakukan pendekatan dengan mahasiswa yang merupakan kelompok milenial dengan gaya mereka,” kata Gede Sri Darma.

Dalam gelaran ini diikuti oleh 750 an pendaftar mahasiswa dari berbagai kampus di Bali. Menghadirkan pembicara muda inspiratif seperti Christian Sugiono CEO Malesbanget.com, Yessy Yani - Kepala Departemen Produksi TRANS TV,  Syamsir Alam - Host MTMA, Judithya Pitana-Editor in Chief POPBELA dan Aditya Santana – Founder & CEO Bukaloka. (wb8,dha)

Sumber : Warta Bali