Diklat “Penyegaran Kembali Program Sistem Informasi Perpustakaan dan Meningkatkan Kompetensi Pengelola Informasi Tenaga Perpustakaan”.

02 July 2015. 05:47

Salah satu faktor yang mempengaruhi kelancaran pelaksanaan fungsi dan peran perpustakaan dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi adalah petugas perpustakaan. Mengingat begitu pentingnya peran pengelolaan perpustakaan dalam proses pembelajaran di perguruan tinggi, maka tenaga perpustakaan  perlu memiliki kompetensi sebagai berikut: (1) kompetensi manajerial, (2) kompetensi pengelola informasi, (3) kompetensi kependidikan, (4) kompetensi kepribadian, (5) kompetensi sosial, dan (6) kompetensi pengembangan profesi.

Sesuai dengan arahan Rektor tentang organisasi dan tata kerja (jobdesk) Bagian Pendidikan dan Pelatihan Sumber Daya, tugas bagian Diklat adalah menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan. Salah satu fungsinya adalah melakukan fasilitasi peningkatan kompetensi tenaga kependidikan yakni peningkatan kompetensi pengelola informasi tenaga perpustakaan. Untuk itu Pusat Perpustakaan bekerjasama dengan bagian Diklat Sumber Daya mengadakan kegiatan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat): “Penyegaran kembali program sistem informasi perpustakaan dan meningkatkan kompetensi pengelola informasi tenaga perpustakaan”. Diharapkan setelah mengikuti diklat para tenaga perpustakaan  memiliki kompetensi pengelola informasi tenaga perpustakaan untuk mengelola dan memberdayakan perpustakaan sebagai pendukung penyediaan sumber belajar.