Digandeng IAPI, Undiknas Jadi Pusat Pengembangan Profesi Akuntan Publik di Bali - Nusra

10 May 2017. 10:15

Undiknas University mengadakan pelatihan profesi akuntan bekerjasama dengan Institut Akuntan Publik Indonesia (IAPI) dan Pusat Pembinaan Profesi Keuangan (PPPK) pada tanggal 5-6 Mei 2017 di kampus Undiknas Denpasar. Hadir sebagai narasumber pada kegiatan tersebut adalah Langgeng Subur selaku Kepala PPPK Kementrian Keuangan RI, Arie Wibowo selaku Kepala Bidang Pengembangan Profesi Keuangan PPPK Kementrian Keuangan RI, Dewi Hariyani selaku Pelaksana Sub Bidang Pengembangan Profesi Akuntansi PPPK Kementrian Keuangan RI, Ferdinand Agung selaku Komite Disiplin dan Investigasi IAPI serta Rakhmawan Tri Nugroho selaku Komite Asistensi dan Implementasi Standar Profesi IAPI. Adapun peserta yang menghadiri kegiatan tersebut berjumlah sekitar 200 orang terdiri dari Profesi Akuntan Publik, Dosen dan mahasiswa dari seluruh Indonesia.

Kegiatan PPL ini terselenggara sebagai wujud nyata implementasi kerjasama antara Undiknas dan IAPI berdasarkan MOU yang telah ditandatangani oleh Rektor Undiknas Prof. Gede Sri Darma, DBA dan Ketua Umum IAPI Pusat Tarkosunaryo, CPA, MBA pada tanggal 19 Agustus 2016. Berkat kerjasama ini Undiknas dipercaya sebagai satu- satunya universitas di Bali yang menyelenggarakan kegiatan PPL secara kontinyu bagi para akuntan publik serta profesi akuntan lainnya. Melalui kerjasama ini Undiknas juga dipercaya sebagai satu-satunya kampus yang memiliki Certified Public Accountant (CPA) Test Center untuk wilayah Bali dan Nusa Tenggara yang telah diresmikan pada tanggal 5 Nopember 2016.

Dengan adanya CPA Test Center, Undiknas yang Program Studi Akuntansinya sudah terakreditasi A berhak untuk mengadakan ujian profesi akuntan publik untuk memperoleh sertifikat profesi dengan gelar CPA, CPAI, dan ACPAI. Ketua Program Studi Akuntansi Undiknas I G.A. Agung Omika Dewi, SE, MSA, Ak, CA menyampaikan bahwa mahasiswa program studi Akuntansi Undiknas juga berkesempatan untuk mendapatkan gelar ACPAI selain Sarjana Ekonomi (S.E) ketika wisuda dengan syarat mereka telah lulus test di Undiknas CPA Test Center. Sesuai dengan visi misi Undiknas yaitu Global, Smart dan Digital, alumni Undiknas yang memiliki dua gelar ketika lulus nanti diharapkan akan mampu bersaing di dunia profesi baik secara nasional maupun global, serta juga mampu menciptakan dan memperluas lapangan kerja.